Minggu, 29 Januari 2012

Pemuluran atau Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran adalah perbandingan antara seberapa besar perubahan jumlah barang yang ditawarkan sebagai akibat dari perubahan harga.
Elastisitas penawaran berfungsi untuk mengukur derajat kepekaan atau tanggapan terhadap jumlah barang yang ditawarkan jika harganya berubah.
Es =  Es =
Macam-Macam Elastisitas Penawaran
a. Elastis(Es>1)
Kurva berikut menggambarkan penawaran barang yang mempunyai sifat elastis (Es > 1). Artinya, setiap perubahan harga akan menyebabkan jumlah barang yang ditambahkan dengan persentase yang relatif lebih besar.
Gambar kurva cenderung mendatar
Contoh :
Harga Penawaran barang
P1 = Rp. 200,00 Q1 = 10 buah
P2 = Rp. 150,00 Q2 = 3 buah
Dari data tersebut, maka :
Es =
=
=
=
= 2,80 (Es > 1)

23

Kurva penawaran elastis (Es > 1)

b. Inelastis (Es < 1) Kurva berikut menggambarkan keadaan penawaran yang bersifat inelastis (Es < 1). Artinya, setiap perubahan harga akan menyebabkan perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan persentase yang lebih kecil. Contoh: Harga Penawaran barang P1 = Rp. 200,00 Q1 = 10 buah P2 = Rp. 90,00 Q2 = 8 buah Dari data tersebut, maka : Es = = = = = 0,36 (Es < 1) Kurva penawaran inelastis (Es < 1) c.Elastisitas Tunggal (Es = 1) Kurva berikut menggambarkan keadaan penawaran barang yang bersifat tunggal (Es = 1). Artinya, setiap perubahan harga akan diikuti dengan perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan persentase yang sama. Bentuk kurva penawarannya membentuk sudtit 45° pada kedua sumbunya. Contoh: Harga Penawaran barang P1 = Rp. 200,00 Q1 = 20 buah P2 = Rp. 120,00 Q2 = 12 buah Dari data tersebut, maka : Es = = 24 = = 1 (Es = 1) Pada keadaan ini persentase perubahan jumlah penawaran barang sama dengan perubahan harga. Kurva penawaran elastisitas tunggal (Es = 1) d.Elastisitas Tak Terhingga (Es = ~) Kurva berikut menggambarkan keadaan penawaran barang yang bersifat elastisitas tak terhingga (Es = ~). Artinya, pada saat harga tertentu jumlah barang yang ditawarkan tidak terbatas. Bentuk kurva penawarannya bergaris lurus horizontal. Con toh: Harga Penawaran barang P1 = Rp. 50,00 Q1 = 10 buah P2 = Rp. 50,00 Q2 = 50 buah Dari data tersebut, maka : Es = = = = ~ (Es = ~) Kasus ini ekstrem dan tidak terdapat dalam kenyataan Kurva penawaran elastisitas tak terhingga (Es = ~) e.Inelastis Sempurna (Es = 0) Kurva berikut menggambarkan penawaran dalam keadaan ekstrem Iainnya yang bersifat inelastis sempurna (Es = 0). Artinya, setiap terjadi perubahan harga tidak berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Bentuk kurva penawarannya bergaris lurus vertikal. Contoh: Harga Penawaran barang P1 = Rp. 100,00 Q1 = 10 buah P2 = Rp. 50,00 Q2 = 10 buah Dari data tersebut, maka : Es = 25 = = 0 (Es = 0) Keadaan ini dapat terjadi pada jangka waktu yang pendek. Kurva penawaran elastisitas tak terhingga (Es = 0) Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat! 1.Jelaskan pengertian penawaran dalam ekonomi! 2.Sebutkan faktor yang mempengaruhi penawaran! 3.Mengapa perubahan harga barang lain mempengaruhi penawaran? 4.Bagaimana bentuk umum fungsi penawaran? 5.Diketahui suatu barang dijual dengan harga Rp. 120.000,00 dan jumlah yang ditawarkan adalah 30 unit, ketika harga jual turun menjadi Rp. 80.000,00, maka barang yang ditawarkan adalah 10 unit. Tentukan fungsi penawarannya!Diketahui fungsi penawaran suatu barang Q = P – 3. Gambarkan kurvanya! 6.Diketahui fungsi penawaran 6Q = 12P - 3.000. Jika harga ditetapkan Rp. 2.000,00, maka berapakah jumlah barang yang ditawarkan? 7.Jelaskan apa yang dimaksud dengan elastisitas penawaran! 8.Bagaimana elastisitas penawaran dikatakan inelastis? 9.Jika diketahui pada saat harga suatu barang Rp100.000,00, jumlah yang ditawarkan 10 buah dan pada saat harga Rp75.000,00, jumlah yang ditawarkan 5 buah. Dari pernyataan tersebut, hitunglah elastisitasnya dan gambarkan kurvanya! C.Harga Keseimbangan 1.Pengertian Harga Keseimbangan Harga adalah nilai yang dinyatakan dalam bentuk uang atau jumlah uang yang ditukarkan dengan suatu barang atau jasa. Harga keseimbangan merupakan harga yang terjadi sebagai akibat interaksi antara permintaan dan penawaran. Interaksi permintaan dan penawaran terjadi di pasar, maka harga keseimbangan disebut juga harga pasar. 2.Golongan Penjual dan Pembeli Di lain pihak ada penjual yang tidak dapat menjual barangnya, karena jika mengikuti harga pasar akan rugi. Oleh sebab itu, pembeli dan penjual digolongkan masing-masing menjadi tiga macam. a.Golongan Pembeli 1)Pembeli marjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli sama dengan harga pasar. 2)Pembeli supermarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di atas harga pasar. Pembeli ini memiliki kelebihan kesediaan untuk membayar harga barang yang ada di pasar atau mereka yang menerima premi konsumen (Consumer's Rent). . 3)Pembeli submarjinal, yaitu pembeli yang mempunyai tenaga beli di bawah harga pasar. Pembeli ini tidak dapat ikut serta membeli barang. b.Golongan Penjual 1)Penjual marjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok sama dengan harga pasar. 26 2)Penjual supermarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di bawah harga pasar. 3)Penjual submarjinal, yaitu penjual yang mempunyai harga pokok di atas harga pasar. Kurva golongan pembeli dan penjual Kurva permintaan dan penawaran yang membentuk keseimbangan pasar Keterangan : P0 = keseimbangan harga Q0 = jumlah barang 3.Proses Terbentuknya Keseimbangan Harga Proses terbentuknya keseimbangan harga atau harga pasar merupakan proses tarik-menarik antara kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran atas barang tertentu. Contoh: Dalam suatu pasar diketahui fungsi permintaan suatu barang adalah Qd = - 4P + 1.100 dan penawarannya adalah Qs = 6P – 150. Berapa harga keseimbangan dari fungsi-fungsi tersebut? Penyelesaian: a. Mencari harga keseimbangan dalam pasar Harga keseimbangan terjadi jika penawaran = permintaan. - 4P + 1.100 = 6P- 150 -10P = -1.250 P = 125 b. Mencari kuantitaspadafungsi permintaan: Qd = P+1.100 Pada tingkat harga 125 maka kuantitasnya adalah: Qd = -4P + 1.100 = -4(125) + 1.100 = -500 + 1.100 = 600 c. Mencari kuantitas pada fungsi penawaran: Qs = 6P -150 Padatingkat harga 125 maka kuantitasnya adalah: QS = 6P-150 = 6(125)-150 = 750-150 = 600 27 d. Kurva keseimbangan: 4. Pengaruh Perubahan Permintaan dan Penawaran terhadap Harga Keseimbangan Perubahan jumlah barang yang diminta merupakan perubahan jumlah barang yang akan dibeli atau diminta akibat dari perubahan harga. Perubahan permintaan barang adalah bergeser atau berpindahnya kurva permintaan akibat perubahan pendapatan dan berubahnya selera konsumen. Jika kurva penawaran bergeser ke kiri, harga keseimbangan akan meningkat yang dapat dilihat pada gambar kurva di bawah ini. Kurva penawaran bertambah Kurva penawaran berkurang Dari kedua gambar di atas dapat dijelaskan sebagai berikut. a.Pada gambar kurva penawaran bertambah 1)Dalam gambar tersebut diumpamakan pasar mempunyai kurva permintaan DD dan penawaran SS. Harga keseimbangan yang dicapai pada titik P dengan jumlah barang sebanyak OQ. 2)Dengan penawaran bertambah, mengakibatkan kurva penawaran bergeser ke kanan, yaitu dari SS ke S'S' dan kurva permintaan tetap. 3)Harga keseimbangan berubah, yaitu turun dari titik P menjadi titik P' dan jumlah barang naik dari OQ menjadi OQ’. b.Pada gambar kurva penawaran berkurang 1) Dalam gambar tersebut terjadi penurunan kurva penawaran yang ditandai dengan bergesernya ku rva penawaran ke ki ri. 2)Berkurangnya penawaran mengakibatkan harga keseimbangan berubah dari E menjadi E'. Hal ini disebabkan oleh perubahan harga, yaitu dari titik P menjadi titik P'. 3)Harga keseimbangan pada titik P' lebih tinggi daripada titik P, sedangkan jumlah barang menurun yaitu dari OQ menjadi OQ'. LEMBAR KOMPEENSI SISWA Tagihan Tes Tertulis Jawablah soal-soal berikut dengan singkat dan tepat! 1.Mengapa harga keseimbangan disebut juga harga pasar? 2.Jelaskan apa yang dimaksud dengan pembeli submarjinal! 3.Apa yang dimaksud dengan penjual supermarjinal? 4.Jelaskan apa yang dimaksud dengan Consumer's Rent! 5.Apa yang dimaksud dengan harga? 6.Bagaimana harga keseimbangan terbentuk? 7.Tunjukkan letak pembeli supermarjinal pada kurva golongan pembeli dan penjual dalam kondisi harga keseimbangan! 8.Kondisi apa yang akan terjadi pada harga keseimbangan jika penawaran tetap dan permintaan turun? 9.Gambarkan kurva perubahan harga keseimbangan sebagai akibat dari penawaran berkurang sedangkan permintaan tetap! 10. Diketahui fungsi permintaan Qd = -2P + 250 dan fungsi penawaran Qs = 3P + 50. Dari data tersebut hitunglah harga dan kuantitas keseimbangan, serta gambarkan kurvanya! BAB V PASAR Standar Kompetensi: 1.Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar. Kompetensi Dasar: 1.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang. 2.Mendeskripsikan pasar input. Indikator: 1.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna) 2.Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input A.Pengertian Pasar Pasar adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan. Sementara menurut konsumen, pasar adalah tempat diperoleh berbagai barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pasar adalah suatu mekanisme yang. dipertemukan pembeli (konsumen) dengan penjual (produsen) sehingga bisa berinteraksi untdR membentuk suatu kesepakatan harga jual. Pada pertemuan ini akan dibahas bentuk pasar menurut struktur pasar, dimana struktur pasar dapat menggambarkan tingkat persaingan suatu pasar barang atau jasa. B. Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Market) Pasar persaingan sempuma adalah suatu bentuk struktur pasar yang bercirikan banyak pembeli, produk-produk yang homogen, pasar bebas untuk dimasuki atau ditinggalkan, dan pengetahuan pembeli dan penjual tentang pasar sempurna. 1. Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna a. Penjual bebas keluar masuk pasar b. Jumlah penjual dan pembeli banyak c. Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen d. Penjual dan pembeli mengetahui keadaan pasar e. Alat produksi dan faktor produksi bebas bergerak f. Tidak ada campur tangan pemerintah 2. Hal-hal yang Terjadi pada Pasar Persaingan Sempurna Berdasarkan ciri-ciri dan persyaratan pada pembentukan pasar persaingan sempuma berakibat sebagai berikut: a. Seorang produsen tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang berlaku. b. Persaingan yang terjadi adalah bebas, tidak ada saiing menekan antara sesama penjual, sesama pembeli, ataupun antara penjual dan pembeli. c. Kurva permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen merupakan garis lurus horizontal, artinya ia dapat menjual barang berapa pun jumlahnya tanpa mengakibatkan penurunan harga. d. Keputusan yang dapat diambil oleh seorang produsen untuk memperoleh keuntungan maksimum adalah meningkatkan jumlah barang yang harus diproduksi/dijual. 3.Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempuma a.Kebaikan Pasar Persaingan Sempuma 1)Kepuasan konsumen maksimum karena bebas dalam menentukan pilihannya 2)Keuntungan produsen juga maksimum karena ia bisa menjual barang sebanyak-banyaknya 3)Produksi barang-barang yang diperlukan konsumen ongkosnya minimum 4)Masyarakat merasa nyaman dalam membeli barang karena tidak ada kekhawatiran akan dibohongi dalam hal kualitas dan harga. b.Keburukan Pasar Persaingan Sempuma 1)Perusahaan tidak mempunyai anggaran untuk mengadakan penelitian karena dalam jangka panjang hanya memperoleh keuntungan normal. 2)Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih barang karena semua 3)barang sama dan sejenis (homogen). 4)Hanya ada dalam kondisi perekonomian ideal. 5)Pasar tradisional yang menjual berbagai bahan pokok. 4.Contoh bentuk pasar persaingan sempuma 1)Pasar berbagai sayurmayur seperti wortel, buncis, cabai. 2)Pasar buah seperti pisang, mangga, jambu, pepaya. 3)Pasar tradisional yang menjual berbagai bahan pokok. LEMBAR KOMPETENSI SISWA Tagihan Kelompok Diskusikan permasalahan yang berkaitan dengan pasar persaingan sempuma berikut dengan teman belajarmu! 1.Sebab yang menimbulkan tidak periunya perusahaan saling bersaing, baik melalui ikian maupun penurunan harga. 2.Pengaruh masuk atau keluarnya suatu perusahaan tertentu dari pasar 3.Pengetahuan konsumen terhadap kondisi pasar persaingan sempuma. 4.Mengapa pada praktiknya bentuk pasar persaingan sempuma itu sulit dijumpai? Tagihan Tes Tetulis A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat! 1.Keadaan pasar dimana para pembeli dan penjual mengetahui keadaan pasar dengan sempurna sering disebut dengan istilah ….. a.perfect competition d. price leader b.imperfect competition e. price taker c.product differentiation 2.Terdapat banyak penjual tetapi tidak satu pun di antara mereka yang berkemauan mempengaruhi harga pasar yang berlaku, baik dengan mengubah jumlah penawaran maupun harga produksi. Pernyataan seperti ini cocok untuk menjelaskan pengertian pasar …. a.abstrak c. monopsoni d.monopoli b.oligopoli e. persaingan sempuma 3.Ciri-ciri suatu pasar 1)Adanya campur tangan pemerintah 2)Pembeli dapat mempengaruhi harga pasar 3)Banyak pembeli dan penjual 4)Barang yang diperjualbelikan homogen 5)Mobilitas sumber produksi lancar Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah a.1,2, dan 3 d. 2,4, dan 5 b.1,3, dan 5 e. 3, 4, dan 5 c.2, 3, dan 4 4.Struktur pasar dapat dibagi menjadi …. a.persaingan sempurna dan persaingan tidak sempurna b.keluar dan masuknya pembeli c.homogen dan heterogen d.mekanisme permintaan dan penawaran e.pasar yang bebas dimasuki dan ditinggalkan 5.Pada pasar persaingan sempurna terjadi price taker, artinya …. a.pengetahuan sama yang dimiliki pelaku pasar b.barang yang berada di pasar tidak berasal dari satu produsen c.perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar d.produsen dengan mudah masuk atau keluar dari pasar e.perilaku perusahaan secara ideal B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1.Siapa yang menentukan harga dalam pasar persaingan sempurna? Jelaskan! 2.Bagaimana sifat persaingan yang terjadi pada pasar persaingan sempurna? 3.Jelaskan proses pembentukan harga pada pasar persaingan sempurna! C.Pasar Persaingan Tidak Sempurna (Imperfect Competition Market) 1.Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang jumlah penjual dan pembeli tidak sebanding atau tidak seimbang. Kemungkinan yang terjadi adalah pasar dikuasai oleh satu penjual atau beberapa penjual, sedangkan pembelinya juga satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar. 2.Bentuk-bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna a.Pasar Monopoli 1)Pengertian Monopoli adalah suatu kondisi pasar dengan jumlah penjual hanya satu orang. Seluruh penawaran yang ada dikuasai oleh satu penjual/produsen, sehingga perusahaan tersejaut sekaligus merupakan pasar (industri). Produsen dalam pasar monopoli tidak mempunyai saingan. Sebab-sebab timbulnya monopoli: a)Menguasai bahan mentah yang cukup strategis, Contoh: anggota OPEC bisa memonopoli minyak. b)Pemberian hak monopoli oleh pemerintah, Contoh : hak yang diberikan kepada PLN menjadi monopoli. c)Memiliki hak paten, Contoh: Microsoft Comp menguasai hak paten sehingga bisa memonopoli pasar PC komputer. d)Pasar yang terbatas, Contoh: konsumen yang sedikit cukup diperlukan satu perusahaan. Satu perusahaan itu bisa memonopoli pasar. Yang dapat menentukan harga pasar dalam pasar monopoli adalah perusahaan yang bertindak selaku pemasok tunggal (monopoli). 2)Ciri utama pasar monopoli: 1)Hanya ada satu penjual yang berada di pasar 2)Perusahaan tersebut mempunyaj.kekuatan mengatur harga sesuai keinginannya 3)Ada hambatan (barrier to entries) yang tinggi bagi penjual lain untuk ikut memastiki pasar 4)Hanya ada satu produk di pasar (non-substitusi) 3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Monopoli a)Kebaikan Pasar Monopoli Karena menerima keuntungan di atas normal, monopolis dapat melakukan penelitian dan pengembangan produknya. Monopolis biasanya bekerja pada skala produksi besar, sehingga walaupun tidak berada pada biaya rata-rata minimum tetapi menjadi lebih efisien, karena unit yang diproduksi besar. b)Keburukan Pasar Monopoli Pasar monopoli menciptakan ketidakadilan dalam distribusi pendapatan masyarakat. Sebab, dalam jangka panjang, monopolis akan menerima keuntungan di atas keuntungan normal, sedangkan perusahaan di pasar lain hanya akan menerima keuntungan normal. Terdapat unsur eksploitasi, baik terhadap konsumen maupun pemilik faktor produksi. Konsumen membayar lebih tinggi di atas biaya produksi dari unit terakhir barangnya, sedangkan pemilik faktor produksi dibayar dengan harga lebih rendah dari harga barang. Dalam pasar monopoli, jumlah barang yang ada seringkali diatur produsen. Pasar monopoli menciptakan kesenjangan antara produsen dan konsumen dalam bentuk penguasaan pasar dan penentuan harga jual produk. 4)Contoh pasar monopoli, yaitu air, listrik, jasa kereta api. b.Pasar Oligopoli 1)Pengertian Oligopoli adalah keadaan dimana hanya ada beberapa (misalnya antara 2-10) perusahaan/produsen yang menguasai pasar, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama. Ada dua macam oligopoli yaitu: a)Oligopoli barang terdiferensiasi Oligopolis menjual barang sejenis, tetapi terdapat perbedaan-perbedaan pada mutu, merek, model dan Iain-Iain. Misalnya oligopolis barang-barang elektronik, mobil, motor dan Iain-Iain. b)Oligopoli barang homogen Oligopolis menjual barang sejenis yang hampir sama atau perbedaannya rendah. Misalnya oligopoli produk seng dan pipa. 2)Ciri-ciri pasar oligopoli: a)Sedikit perusahaan dan banyak pembeli b)Produk homogen (serba sama) atau dibedakan c)Pasar yang sulit untuk dimasuki 3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Oligopoli a)Kebaikan Pasar Oligopoli •Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan investasi besar untuk masuk pasar. •Jumlah penjual yang sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu. •Bila terjadi perarig harga, konsumen akan diuntungkan. b)Keburukan Pasar Oligopoli •Oligopolis sangat mungkin memperoleh keuntungan berlebihan. Hal ini dapat menimbulkan kesenjangan sosial. •Kemungkinan terjadinya ketidakefisienan produksi (pemborosan), karena oligopolis tidak beroperasi pada biaya rata-rata yang minintum. •Kemungkinan juga terjadinya eksploitasi terhadap konsumen dan buruh. •Harga tinggi yang relatif stabil (sulit turun) menunjang munculnya inflasi yang kronis. •Produsen bisa melakukan kerja sama (kartel) yang pada akhirnya akan merugikan konsumen. 4)Kebijakan dalam mengatasi oligopoli a)Pemerintah mempermudah masuknya perusahaan baru dalam pasar untuk menciptakan persaingan. b)Diberlakukannya UU anti kerja sama antarprodusen. 5)Contoh pasar oligopoli, yaitu pasar mobil, sepeda motor, semen, baja, aluminium, pembuatan pesawat terbang. c.Pasar Duopoli Duopoli merupakan bentuk khusus dari pasar oligopoli yang di dalam pasar hanya ada dua perusahaan (penjual). Perusahaan yang beroperasi di pasar disebut duopolies. d.Pasar Persaingan Monopolistik 1)Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik Pasar persaingan monopolistik merupakan pertengahan dari pasar persaingan sempuma dan monopoli. Pasar persaingan monopolistik adalah bentuk pasar yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menjual produk sejenis tetapi sangat bisa dibedakan (terdiferensiasi) barang penjual yang satu dengan yang lain. 2)Ciri-ciri Pasar Persaingan Monopolistik a)Persaingan mempromosikan penjualan sangat aktif b)Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga c)Terdapat banyak penjual d)Untuk masuk ke dalam industri relatif mudah e)Barangnya bersifat berbeda corak 3)Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Monopolistik a)Kebaikan Persaingan Monopolistik Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempuma. Memacu kreativitas produsen, karena harga sangat dipengaruhi diferensiasi produk. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini. b)Keburukan-Persaingan Monopolistik Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk 33 Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi produk-produk yang telah ternama. 4)Contoh pasar monopolistik, yaitu pasar novel, film, kaset, CD, sabun, sampo, rokok. LEMBAR KOMPETENSI SISWA Tagihan tetulis A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepati 1.Berikut ini adalah pasar persaingan tidak sempuma, kecuali …. a.monopoli d. oligopoli b.duopoli e. monopsoni c monopolistik 2.Pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual menguasai pasar atau harga dan satu atau beberapa pembeli menguasai pasar atau harga merupakan pasar …. a.persaingan sempurna b.persaingan tidak sempuma c.monopolistik d.oligopoli e.monopoli 3.monopoli dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut, kecuali …. a.pemberian hak paten pada setiap produk b.hak ekskiusif c.adanya kesamaan produksi d.produsen menguasai bahan baku strategis e.adanya persaingan pasar 4.Perusahaan jumiah permintaan dipengaruhi oleh perubahan harga yang ditentukan oleh penjual secara bersama-sama, merupakan ciri dari pasar …. a.persaingan sempuma b.persaingan tidak sempurna c.monopoli masyarakat d.monopoli undang-undang e.monopolistik 5.Dalam pasar persaingan sempuma harga lebih ditentukan oleh …. a.pemerintah b.penjual c.pembeli d.produsen e.permintaan dan penawaran 6.Bentuk pasar yang mendekati persaingan sempurna di Indonesia adalah pasar/ industri …. a.pos dan telekomunikasi b.produk-produk sektor pertanian c.barang-barang elektronik d.sepeda motor dan mobil e.buku peiajaran 7.Bila di dalam pasar hanya terdapat satu jenis barang saja tetapi mereknya bermacam-macam, pasar semacam ini dinamakan …. a.persaingan sempuma b.monopoli c.monopolistik d.persaingan tidak sempuma e.oligopoli B.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1.Jelaskan kebaikan dan keburukan pasar monopoli! 2.Jelaskan pengertian pasar persaingan tidak sempurna! 3.Sebutkan ciri-ciri pasar monopolistik!

0 komentar:

Posting Komentar