Minggu, 08 Januari 2012

Alternatif Cara Sehat Pengganti Gula

Gula memegang peranan penting bagi tubuh kita, yaitu sebagai salah satu sumber energi untuk aktifitas kita sehari-hari. Tapi walaupun begitu, kalau dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, bisa menyebabkan berat badan naik dan gangguan kesehatan lainnya.
Untuk itu, kita harus bisa menyiasati hal ini. Bagaimana caranya agar kebutuhan akan gula terpenuhi tanpa melebihi batas? Caranya adalah dengan mengganti sumber gula yang kita konsumsi. Apa aja ya makanan penggantinya?

Madu
Madu mengandung banyak mineral dan dipercaya aman bagi penderita alergi. Madu rasanya lebih manis dibandingkan gula putih, jadi cukup gunakan sepertiganya. Madu cocok digunakan sebagai pemanis pada masakan yang dioseng atau memakai saus; misalnya dituangkan selagi makanan dalam keadaan panas. Madu juga cocok dicampur bersama lemon sebagai salad dressing. Tapi ada hal yang perlu diingat, jangan masukkan madu selagi memasak karena bisa menjadi racun.
Kurma

Kurma mengandung 60% gula dan kadarnya bisa meningkat karena proses pengeringan. Gula kurma biasanya terbuat dari kurma kering yang dihaluskan hingga berbentuk bubuk. Selain, gula kurma juga ada yang berbentuk cair. Tambahkan gula kurma saat memasak atau membuat kue. Rasa manisnya cukup unik, dan jauh lebih manis dari gula putih. Jadi, pemakaian sedikit saja sudah cukup.

Buah Kering
Buah-buahan yang dikeringkan seperti kismis, prune atau apel bisa jadi alternatif pemanis makanan yang sehat. Bisa sebagai taburan di atas makanan atau dimasak bersama bahan-bahan lain. Buah kering juga cocok untuk menambah warna agar tampilan masakan lebih menarik.

0 komentar:

Posting Komentar