Sabtu, 01 Maret 2014

Kandungan nutrisi pada buah apel

Cara Diet Sehat Dengan Kandungan Gizi Buah Apel - Buah-buahan memang makanan yang sangat menyegarkan dan juga lezat untuk dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi jus ataupun toping pada kue. Dibalik rasanya yang lezat buah-buhan memang menyimpain nutris penting untuk tubuh, begitu juga pada kandungan gizi buah apel. Apel merupakan sumber vitamin yang lengkap yaitu terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C yang juga banyak terdapat pada khasiat buah jeruk.

Manfaat vitamin tersebut jika dikombinasikan dengan kandungan mineral yang melimpah pada buah apel seperti kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan juga zinc mampu menunjang metabolisme tubuh. Senyawa fitokimia yang terdapat pada buah-buahan ini sebagai antioksidan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kolesterol jahat (LDL) dapat ditekan kadarnya dengan kandungan fitokimia sehingga menghindari penyumbatan pembuluh darah.

Apel juga kaya dengan kandungan zat tanin seperti pada manfaat buah naga yang mempu membersihkan kuman-kuman pada mulut dan menyegarkannya. Kesehatan sistem pencernaan juga dapat dipengaruhi oleh konsumsi buah apel ini karena kandungan asam tartarnya akan membunuh bakteri jahat pada saluran pencernaan.

Buah apel memang sudah banyak dikenal sebagai metode diet sehat untuk menurunkan berat badan dan juga mempertahankannya. Bagaimana buah apel ini bekerja sebagai asupan diet yang baik, berikut ini penjelasannya :

  • Buah apel rendah kalori
    Bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah apel sebelum makan terlebih dahulu. Hal ini akan membuat porsi makan yang menjadi lebih sedikit karena dalam lambung telah terisi buah apel. Jika ingin cemilan, ganti dengan buah apel karena 3 buah apel ukuran besar saja kalorinya hanya 70 kal. Lebih rendah dibandingkan jenis makanan manis lainnya.
  • Kaya serat
    Pectin adalah kandungan serat yang terdapat pada kandungan gizi buah apel. Serat memudahkan pencernaan sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga tidak ingin makan banyak setelah mengkonsumsi buah apel.
  • Kandungan air
    Air sangat dibutuhkan tubuh untuk menjalankan metabolisme tubuh, sehingga dapat menjaga tubuh dari bahaya dehidrasi. Air pada buah apel juga mengandung zat gula yang bisa digunakan sebagai sumber energi seperti yang terdapat pada khasiat madu.

0 komentar:

Posting Komentar