Senin, 03 Februari 2014

Jenis ragam hasil tambang indonesia

Jenis ragam hasil tambang indonesia

  • Batubara
    Di Indonesia memiliki daerah penghasil batubara yang tersebar di nusantara seperti Bukitasam di Tanjungenim, Sumatra Selatan, Kotabaru (Pulau Laut) di Kalimantan Selatan, Sungai Berau di Samarinda, Kalimantan Timur dan Umbilin yang berpusat di Sawahlunto Sumatra Barat. Hasil tambang Indonesia berupa batubara ini, diusahakan oleh PN Batubara yang terdapat juga di Bengkulu, Jawa Barat, Papua, dan Sulawesi Selatan.
  • Emas dan Perak
    Dada banyak tanbang emas dan perak di Indonesia, yang bisa ditemukan di Bengkalis (Sumatra), Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara), Cikotok (Jawa Barat), Meuleaboh (Aceh), Rejang Lebong (Bengkulu). Emas dan perak memiliki nilai tukar yang cukup tinggi sehingga banyak pertambagan liar dilakukan.
  • Fosfat
    Fosfat terbentuk dari persenyawaan pada kotoran kelelawar yang tercampur dengan dengan batu kapur yang sangat diperlukan dalam industri pupuk. Penambangan fosfat banyak terdapat di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat) dan Gombong, Purwokerto, Jepara, Rembang, bojonegoro (Jawa Tengah).
  • Aspal
    Pertambangan aspal banyak ditemui pada Pulau Buton (Sulawesi Tenggara), dihasilkan juga oleh Permigan Wonokromo (Jawa Timur) yang merupakan hasil olahan dari jenis minyak bumi.
  • Bijih Besi
    Barang tambang Indonesia berupa bijih besi cukup banyak tersebar di wilayah Indonesia, Cilacap pasir besi (Jawa Tengah), Cilegon (Banten), Longkana dan Peg. Verbeek (Sulawesi Tengah), Pulau Dermawan  Pulau Sebuku dan Pulau Suwang (Kalimantan Selatan). Pengolaha bijih besi dilakukan oleh PT Krakatau Steel, Cilegon – Jawa Barat.
  • Belerang
    Belerang banyak ditemukan pada daerah pegunungan dan digunakan sebagai bahan obat patek dan korek api. Penembangan belerang terdapat di Gunung Welirang (Jawa Timur), Jambi, Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara.
  • Intan
    Hasil tambang Intan di Indonesia banyak hampir berpusat di pulau Kalimantan dan tempat pengasahannya terletak di Martapura (Kalimantan Selatan), Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
  • Gas Alam
    Gas alam banyak digunakan dalam berbagai industri yang juga banya terdapat di daerah Arun (DI Aceh), Bontang (Kalimantan dan juga tersebar di daerah Jawa Barat, Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
  • Alumunium
    Pertambangan alumunium banyak dilakukan pada provinsi papua untuk digunakan sebagai bahan baku pembuatan peralatan dapur, mebel, dan perkakas lain karena sifatnya yang ringan dan mudah dibentuk.
  • Gips
    Pada industri keramik, gips telah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatannya. Barang tambang gips di Indonesia, terdapat di daerah Cirebon, Rembang, Kalianget, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

0 komentar:

Posting Komentar