Tips yang dapat diterapkan untuk mengatasi problem remaja
- Hargailah Dia, remaja butuh penghargaan
- Dirinya mau dipandang
- Tidak suka dibantah
- Jangan buru-buru disalahkan
- Diskusi untuk kata sepakat, kesadaran remaja sendiri
- Jangan memojokkan, remaja yang terpokok biasanya bertambah nekat maka berilah selalu beberapa kemungkinan yang dapat dipilih oleh remaja
- Hormati rahasianya, bila remaja mempunyai buku harian yang selalu terkunci, jangan diganggu kecuali dalam keadan darurat.
- Jangan mencela teman-temannya, teman tolak ukur bagi remaja, mencela teman sama dengan mencela diri remaja tersebut.
- Jangan membandingkan dengan saudara/orangtua, karena dapat menimbulkan rasa iri bila dibandingkan dengan orang lain, antipati bila dibandingkan dengan orang tua.
- Jangan melarang remja melakukan sesuatu yang dilakukan orang tua, karena orang tua merupakan contoh pertama yang baik.
- Sertakan mereka dalam pemecahan masalah, sehingga timbul tanggung jawab.
- Anggap saja pacaran sebagai hal biasa, misal : anak SMP sudah mulai pacaran :
- Tanggapi secara biasa
- Sikap orang tua yang wajar saja, maka remaja tidak takut untuk berkomunikasi dengan orang tua tentang temannya/pacarnya
- Orang tua biasa memonitor perkembangan pacaran anaknya
- Remaja jangan selalu dikekang dalam pacaran bisa lepas kendalai dari orang tua
- Bersabar : jangan terburu marah bila remaja tidak cepat berubah/bereaksi kelakuannya seperti dikehendaki orang tua, bisa melalui proses lama/ sebentar.
- Petunjuk tentang pendidikan seks bagi remaja
- Jangan mengira bahwa remaja tidak tahu apa-apa tentang seks
- Sebagian dari pengetahuan remaja tentang seks keliru dan berbahaya
- Memberi pengetahuan yang benar tentang seks pada remaja
- Bersikap netral apabila bicara soal seks
- Dapat digunakan nama-nama anatomi dalam menyebutkan alat-alat seksual
- Tunjukkan bahwa larangan agama tentang seks, didukung oleh ilmu pengetahuan
- Orang tua perlu ilmu pengetahuan yang benar
- Memberikan bacaan yang sehat tentang seks yang benar
0 komentar:
Posting Komentar