Manajer atau kepemimpinan adalah orang yang
bertugas melakukan proses atau fungsi manajemen. Berdasarkan hierarki
tugasnya pimpinan dikelompokkan sebagai berikut :
a. Pimpinan tingkat pertama ( Lower Manager )
Adalah
pimpinan yang langsung berhubungan dengan para pekerja yang menjalankan
mesin peralatan atau memberikan pelayanan langsung pada konsumen.
Pimpinan ini diutamakan memiliki proporsi peranan technical skill yang
terbesar dan konseptual skill yang terkecil.
b. Pimpinan tingkat menengah ( Middle Manager )
Adalah
pimpinan yang berada satu tingkat di atas Lower Manager. Pimpinan ini
menjadi saluran informasi dan komunikasi timbal balik antara Lower
Manager dan Top Manager , yakni pimpinan puncak ( di atas Middle
Manager ) sehingga pimpinan ini diutamakan memiliki kemampuan mengadakan
hubungan antara keduanya. Konseptual skill adalah ketramp[ilan dalam
penyusunan konsep - konsep, identifikasi, dan penggambaran hal - hal
yang abstrak. Sedangkan techmnical skill adalah ketrampilan dalam
melakukan pekerjaan secara teknik. Hubungan antara manusia merupakan
ketrampilan dalam melakukan komunikasi dengan sesama manusia lain.
c. Pimpinan puncak ( Top Manager )
Pimpinan
puncak adalah manajer yang menduduki kewenangan organisasi tertinggi
dan sebagai penanggung jawab utama pelaksanaan administrasi. Pimpinan
ini memiliki proporsi peranan konseptual skill yang terbesar dan
technical skill yang terkecil.
0 komentar:
Posting Komentar