Jumat, 09 Desember 2011

Resep Makan Untuk Penderita Diabetes

Mengidap penyakit diabetes bukanlah “the end of the world” untuk kamu. Meskipun tidak dapat sembuh, penderita diabetes sebetulnua masih tetap dapat menikmati hidup normal kendati harus diperhatikan kalori dan asupan gizinya. Berikut tips-tips agar penderita diabetes bisa menjaga pola makan sehatnya.
 

Perbanyak Sayuran
Perbanyaklah sayuran setiap hari karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Makan sayur-sayuran adalah sangat penting untuk setiap diet, diabetes atau sebaliknya. Mereka menyediakan sumber besar serat, mineral dan vitamin. Sayur-sayuran yang sangat dianjurkan adalah kubis, bayam, brokoli, buncis, wortel, tomat dan paprika. Berbagai buah-buahan juga memberikan serat, mineral dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Mereka juga merupakan sumber karbohidrat tetapi harus diambil di moderasi.

Serat Sangat Penting
Coba cari makanan yang berserat tinggi seperti misalnya oatmeal, buah dan pasta yang penuh serat.

Makan Sedikit Lemak
Jika kamu ingin makan daging cobalah makan daging dengan sedikit lemak seperti misalnya dada ayam, ikan, daging tenderloin atau kalkun tanpa kulit.

Perbanyak Air Putih
Air putih sangat dibutuhkan untuk tubuh karena dapat melarutkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Hindari minuman manis dan bersoda, ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Minum Susu Rendah Lemak
Susu merupakan salah satu sumber diperlukan banyak elemen-elemen penting yang dibutuhkan tubuh. Sumber bebas lemak susu seperti yoghurt dan susu rendah lemak sangat baik untuk tubuh.

Batasi Karbohidrat
Pastikan untuk menghindari atau membatasi asupan karbohidrat yang meliputi jagung sirup, madu, permen, gula, beras putih, roti putih atau item yang mengandung fruktosa, glukosa atau sukrosa.

0 komentar:

Posting Komentar